«

»

Jun 26

BMMT Khitan 120 Anak Kurang Mampu

Berbagai kegiatan selama ini yang difatnya kepedulian sosial kemasyarakatan telah dilaksanakan pengurus Baitul Maal Muttaqin Telkom (BMMT) terutama bagi mereka yang masuk dalam 8 asnhaf, antara lain bantuan pendidikan, pengobatan, bencana alam dan bantuan kemanusia bagi masyarakat yang masih membutuhkan bantuan, demikian disampaikan SGM HCC, Pandji Darmawan, saat membuka Khitanan Massal yang diselenggarakan BMMT di, loby Telkom Japati Bandung, Rabu (26/6).

Khitan merupakan salah satu tuntunan agama yang telah dilaksanakan sejak dahulu kala semenjak para Nabi. Khitan hanya dilaksanakan satu kali saja, secara medis khitan sangat baik bagi kesehatan. Karena sisa-sisa urine tidak tersangkut dan yang lebih penting lagi adalah untuk menjaga kesucian dan kebersihan dalam melaksanakan ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT. Fungsi lain dari khitan dalah terjadinya hubungan yang relevan antara kegiatan ibadah dengan kesucian hati, ujarnya.

Kami sarankan kepada orang tua agar berkomunikasi dengan baik kepada putranya yang hendak dikhitan, agar tidak terjadi efek traumatis atau takut saat sebelum atau setelahnya. Kepada anak-anak yang akan dikhitan, Pandji juga menyampaikan bahwa dikhitan sakitnya seperti digigit semut untuk itu tidak perlu takut, katanya.

Sebelumnya Ketua Pelaksana Khitanan Massal BMMT, Ahmad Yani dalam laporanya mengatakan bahwa BMMT mengelola zakat profesi pegawai Sejak tahun 2003 sampai saat ini dengan kegiatan diantaranya menyalurkan bantuan kepada delapan asnhaf, melaksanakan baksos operasi katarak gratis, khitanan massal, peduli bencana, pemberian tali kasih kepada anggota P2TEL dan Ustadz-Ustadzah, serta penanganan kekurangan gizi balita beserta pengobatan gratis bagi warga yang kena musibah banjir. Selain itu BMMT juga memberikan bantuan beasiswa reguler dan tahfidz Al Qur’an.

Ia juga menyampaikan bahwa khitanan ini diikuti 120 orang anak dari usia 5 tahun (30), 6 tahun (23), 7 tahun (23), 8 tahun (23), 9 tahun (12), 10 tahun (5), usia 11 tahun (2) dan usia 12 tahun (2 orang). Baksos khitanan ini telah dilaksanakan sejak tahun 2006 dan alhamdulillah sampai saat ini jumlah peserta yang telah dikhitan BMMT sebanyak 1.606 anak.

Yani juga melaporkan kegiatan yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2013 ini diantaranya pada tanggal 25 Januari 2013 membantu Roni Abdul Gani, warga Tasikmalaya yang kena kanker. Bantuan berupa sembako dan uang. Tanggal 30 April 2013 BMMT melaksanakan Screening baksos operasi katarak kepada 72 peserta. Tanggal 3 Mei 2013, Membantu warga Baleendah yang kena musibah banir berupa perahu, pelampung dan trolly. Tanggal 5 Mei 2013 melaksanakan baksos operasi katarak sebanyak 53 peserta. Tanggal 8 mei melaksanakan basksos penanganan kekurangan gizi balita di kecamatan Astanaanyar, puskesmas pelindung hewan sebanyak 132 balita. Tanggal 25 Juni melaksanakan tausyiah dan penyerahan perlengkapan khitan dan tanggal 26 Juni atau hari ini BMMT melaksanakan khitanan massal dengan jumlah peserta sebanyak 120 anak.

Selanjutnya BMMT akan melaksanakan kegiatan Ramadhan pada bulan Juli dan pada bulan Agustus pemberian talikasih. Di bulan September juga akan dilaksanakan beasiswa prestasi dan di akhir tahun (bulan Desember) kembali melaksanakan khitanan massal, katanya.

Leave a Reply